Power Inverter DC ke AC, Converter, Battery Charger, Solar Charge Controller, Solar Inverter

Pembangkit Listrik Tenaga Gas


Pembangkit Listrik Tenaga Gas ( PLTG ) menggunakan gas alam untuk menggerakkan turbin gas yang di kopel langsung dengan generator, sehingga generator tersebut dapat menghasilkan energi listrik.

Prinsip Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Gas ( PLTG )

Awalnya, udara dimasukkan ke fdalam kompressor untuk ditekan hingga temperatur dan tekanannya naik. Proses ini disebut dengan kompresi. Udara yang di hasilkan dari kompressor akan digunakan sebagai udara pembakaran dan juga untuk mendinginkan bagian-bagian turbin gas.Setelah itu, udara dialirkan ke ruang bakar. Di dalam ruang bakar,udara bertekanan 13kg/cm2 ini dicampur dengan bahan bakar kemudian di bakar. Teknik mencampur bahan bakar dengan udara dalam ruang bakar sangat mempengaruhi efisiensi pembakaran.
Pembakaran bahan bakar dalam ruang bakar menghasilkan gas bersuhu tinggi sampai kira-kira 1300 oC dengan tekanan 13kg/cm2. Gas hasil pembakaran ini kemudian dialirkan menuju turbin untuk disemprotkan kepada sudu-sudu turbin sehingga energi ( enthalpy ) gas ini dikonversikan menjadi energi mekanik dalam turbin penggerak generator ( dan kompresor udara ) sehingga generator menghasilkan energi listrik.
Share:

Test Beban Output Maximum

Arsip Blog