Powered by : Abdillah

Tips Memilih Panel Surya Untuk Perumahan


Ada beberapa jenis panel surya yang beredar dipasaran, rata rata ada 3 jenis yaitu type monocrystalline, policrystalline dan athin film. masing masing memiliki keunggulan yang berbeda beda atara satu jenis dengan jenis lainnya maka dari itu anda perlu pintar memilihnya

Berikut ini beberapa tips yang berguna dalam memilih panel surya untuk perumahan.

Rekomendasi
Mintalah pendapat tetangga, teman, atau rekan dikantor yang telah lebih dulu memasang solar cell di rumahnya. Mereka akan memberi tahu Anda tentang bagaimana pengalaman mereka dan mungkin mengingatkan Anda untuk masalah yang mereka alami, sehingga Anda akan mampu menghindarinya.

Lama garansi
Solar cell merupakan perangkat yang ditujukan untuk pemakaian jangka panjang. Jadi perhatikan berapa lama garansi solar panel yang diajukan penjual / produsen. Semakin lama waktu garansinya, umumnya semakin baik. Setidaknya anda yakin bahwa sistem tenaga surya yang dimiliki akan bertahan dalam jangka panjang.

Harga yang realistis
Kualitas perangkat solar panel dan instalasinya akan berpengaruh langsung pada harganya. Jika Anda menemukan solar panel dengan harga yang dibawah standar harga dikelasnya, maka bisa saja kualitasnya kurang baik atau ada fitur yang dikurangi.  Karena itu selalu bandingkan baik komponen, lama garansi dan harganya.
Kata sebuah ungkapan ada harga ada kualitas, jadi kita akan mendapatkan sesuai apa yang kita bayarkan, bukan ?

Sertifikasi panel surya
Hal ini berlaku untuk semua pembelian panel surya. Sertifikasi pada panel surya menunjukkan jenis pengujian yang telah dilakukan pada mereka. Misalnya, panel surya tersebut telah diuji oleh laboratorium independen dan telah terbukti spesifikasinya sesuai dengan yang diiklankan.

Menentukan jenis panel
Secara garis besar ada dua tipe solar cell : tipe amorphous dan tipe crystalline. Tipe amorphous harganya murah namun daya serapnya kurang baik. Demikian juga drop tegangan setelah 5 tahun cukup besar yaitu sekitar 20 persen, serta untuk life time hanya 10 tahun.
Sedangkan tipe crystalline harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan tipe amorphous tetapi kualitasnya jauh lebih baik. Drop tegangan setelah 10 tahun kurang dari 5 persen, dan life time 25 tahun. Untuk solar cell tipe ini di pasaran ada beberapa macam diantaranya poly, multy dan mono crystalline.

Efisiensi power inverter
Power inverter adalah kotak yang menghubungkan antara solar panel dan peralatan rumah Anda. Fungsinya mengubah listrik dari DC ke AC. Tidak semua solar inverter adalah sama dan efisiensi inverter akan berdampak langsung pada jumlah waktu yang diperlukan sistem untuk bekerja. Periksa efisiensi inverter sebelum membeli sistem. Karena, semakin efisien inverter maka semakin baik.
Share:

Inverter Untuk Beban Motorik

Test Beban Output Maximum

Total Pageviews

Banyak Dibaca Minggu Ini

Arsip Blog