Powered by : Abdillah Since 2010

Cara Kerja Grid Tie Inverter

Inverter yang dijual di invertertaiwan.com bukanlah grid tie inverter. Tetapi artikel ini hanya untuk mengulas cara kerja grid tie inverter agar bisa dipahami sebagai media belajar.

Cara kerja On Grid atau Grid Tie Inverter berbeda dengan sistem Off Grid. Berikut cara kerja Grid Tie Inverter atau sistem ON Grid :

Grid Tie System adalah system Solar Cell Generator yang dapat bekerja secara paralel dengan listrik dari jaringan PLN untuk mensupply energy yang dibutuhkan di rumah / kantor / pabrik kita. System GRID TIE telah dirancang sinkron dengan system Listrik PLN sehingga tidak perlu kawatir akan terjadi konflik.

Berikut gambaran cara kerja Grid Tie Inverter Versus PLN:
System ini hanya dapat diaplikasikan untuk lokasi yang sudah dilayani oleh PLN. Dengan demikian kita memiliki 2 sumber energy untuk mensupply kebutuhan listrik di tempat kita yaitu dari PLN dan dari Solar Cell.

Contoh Aplikasi : Andaikan kita memiliki daya 1000 Watt dari PLN, dan kita memasang system Grid Tie Solar Cell sebesar 1000Watt, maka total daya yang kita miliki menjadi 2000Watt pada siang hari. system akan bekerja sbb:

1. Jika kita mengaktifkan beban di rumah kita sebesar 1000Watt pada siang hari maka seluruh kebutuhan energynya akan disupply dari Solar Cell, pada kondisi ini kita akan melihat bahwa Meter PLN akan berhenti (tidak berputar)

2. Jika kita mengaktifkan beban di rumah kita sebesar 1.500Watt pada siang hari, maka energy tersebut akan dipasok oleh Solar Cell sebesar 1000Watt dan sisanya akan dipasok oleh PLN sebesar 500Watt. Dalam kondisi ini energy dari PLN dibutuhkjan untuk menutup defisit daya yang dibutuhkan.

3. Jika kita mengaktifkan beban dirumah kita sebesar 500Watt pada siang hari, maka energy tersebut akan dipasok oleh Solar Cell sebesar 1000watt, disini kita lihat ada kjelebihan pasokan sebesar 500watt. Kemana kelebihan ini akan disalurkan? Kelebihan ini akan disalurkan keluar rumah kita menuju jaringan PLN. Akibatnya meter PLN akan berputar kekiri (Count Down). Ini adalah kondisi dimana kita sedang menjual kelebihan energy yang dihasilkan oleh Solar Cell kita kepada PLN.

4. Jika kita mematikan seluruh beban dirumah kita pada siang hari, maka produksi listriuk dari Solar Cell akan langsung disalurkan keluar rumah kita ke jaringan PLN, akibatnya meter PLN akan berputar ke kiri (Cont Down). Banyaknya energy yang bisa kita jual ke PLN dalam 1 hari jika seluruh beban dimatikan adalah 1000 x 4 = 4 Kwh karena dalam kasus ini kita menggunakan Solar Cell 1000Watt-peak. Jika kita menggunakan kapasitas lebih besar maka energy yang kita jual juga akan semakin besar, artinya meter PLN akan berputar kekiri lebih kencang.

Demikian cara kerja inverter dengan system On Grid atau biasa dikenal Grid Tie Inverter. Semoga bermanfaat

Share:

Inverter Untuk Beban Motorik

Test Beban Output Maximum

Arsip Blog